Syeikh Besar Universitas Al Azhar Dr Ahmad Muhammad Al Tayyeb

Liputan6.com, Jakarta – The Royal Islamic Strategis Studies Centre merilis 500 nama tokoh muslim yang paling berpengaruh di dunia pada 2018. Dalam deretan tokoh itu, ada sejumlah nama yang berasal dari Indonesia.

Peringkat pertama tokoh muslim yang paling berpengaruh disabet oleh Syeikh Universitas Al Azhar Kairo, Mesir, Ahmad Muhammad Al Tayyeb. Pria berusia 71 tahun ini menempati jabatan tertinggi Syaikh Besar Al-Azhar menggantikan Syaikh DR Muhammad Sayyid Thanthawy yang wafat pada 2010.

Kemudian posisi kedua diberikan kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, yang disusul oleh Raja Yordania Abdullah II bin Al Hussein.

Sementara nama-nama tokoh dari Indonesia berada dalam urutan di atas sepuluh, seperti nama Presiden Joko Widodo yang menduduki urutan ke-16 dan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj berada dalam urutan ke-20.

Adapun Rais Am Jamiyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah Habib Muhammad Luthfi bin Yahya menjadi tokoh yang menduduki urutan ke-41.

Dalam situs Themuslim500.com disebutkan, ada sejumlah persyaratan yang bisa menjadi tolok ukur sebagai tokoh berpengaruh. Model yang digunakan dengan menggabungkan kombinasi matriks sosial, opini, dan pandangan para ahli.

Pengaruh yang diberikan bisa berupa pemahaman keyakinan yang biasa dilakukan pemuka agama serta dapat memberikan perubahan signifikan bagi kaum muslim dunia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.