Kronologi Yusril Janji Lobi Jokowi Bebaskan Ba’asyir Tanpa Syarat

detikislami.com – Putra terpidana teroris Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rohim Ba’asyir menyampaikan bahwa dari awal Yusril Ihza Mahendra mengupayakan pembebasan murni untuk ayahnya. Sebab, untuk pembebasan bersyarat sendiri ada beberapa hal yang tidak diterima oleh Ba’asyir.

Rohim menceritakan, awal kedatangan Yusril membesuk Abu Bakar Ba’asyir. Kondisi ayahnya yang memprihatinkan lantas membuat pengacara pribadi Jokowi dan Ma’ruf itu tergerak melobi Presiden Jokowi.

“Beliau saat itu mengatakan, ustaz, saya akan mengusahakan semoga ustaz Abu Bakar Ba’asyir bisa bebas ke rumah,” tutur Rohim dalam keterangannya, Rabu (23/1).

Dari situ, tim pengacara bersama keluarga Abu Bakar Ba’asyir menunggu hingga kunjungan Yusril selanjutnya pada Jumat 18 Januari 2019. Mereka kebetulan bertemu di Lapas Gunung Sindur dan ada kabar baik dalam pertemuan tersebut.

“Di situ kami duduk bersama dan prof Yusril menyampaikan bahwa dia sudah berhasil melobi Presiden, Kapolri, kemudian Menkum HAM dan pihak terkait, begitu bahasa dia. Untuk memberikan kebebasan murni buat ustaz Abu Bakar Ba’asyir, bukan bebas bersyarat,” jelas dia.

Kabar tersebut menjadi angin segar lantaran dari awal pertemuan, Abu Bakar Ba’asyir dan Yusril sudah membicarakan terkait penandatanganan dokumen yang isinya dipertentangkan. Sebab itu, tim pengacara dan keluarga berpikir bahwa Yusril benar telah berhasil melobi Presiden Jokowi untuk pembebasan murni di pertemuan kedua tersebut.

“Lalu dia upayakan untuk melobi itu memang kaitannya karena masalah ini. Jadi sama sekali tidak ada pembicaraan sebelum ini soal pembebasan bersyarat,” jelas dia.

Menurut Rohim, Yusril yakin sebenarnya pembebasan murni dapat dilakukan selama Presiden, Kapolri, dan Menkum HAM bisa sependapat satu sama lain.

“Cuma kemudian belakang hari berkembang bahwa apa yang diberikan ustaz Abu Bakar Ba’asyir adalah pembebasan bersyarat. Sehingga dipaksa menandatangani surat-surat tertentu,” tutup Rohim.

sumber : merdeka.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.