Putra Abu Bakar Ba’asyir: Hari Ini Tanggal 23 Ustaz Belum Diizinkan Pulang

detikislami.com – Tim kuasa hukum terpidana teroris Abu Bakar Baasyir meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membebaskan kliennya hari ini. Namun tampaknya permintaan tersebut belum dapat dikabulkan.

Putra Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rohim Ba’asyir menyampaikan, konfirmasi pembebasan ayahnya dari pihak lapas masih nihil hingga tengah malam.

“Kami tanyakan bagaimana keputusannya soal ustaz Abu Bakar Baasyir ini. Beliau menjawab bahwa dari lapas juga masih menunggu keputusan dari pimpinan di atasnya. Dan jelas kalau begitu kami berkesimpulan, hari ini Rabu tanggal 23 belum bisa ustaz Abu Bakar Ba’asyir untuk bisa diizinkan pulang ke rumah,” tutur Rohim dalam keterangannya, Rabu (23/1).

Terlebih, menurut Rohim, belakangan tampak di sejumlah kabinet pemerintah berusaha menolak pembebasan itu. Mereka kemudian membuat narasi pembebasan bersyarat.

“Ada satu hal yang mesti kami tegaskan. Bahwa ada perubahan dari apa yg disebutkan di awal. Lobi yang dilakukan prof Yusril saat itu kepada Presiden adalah lobi untuk memberikan pembebasan murni, bukan pembebasan bersyarat,” jelas dia.

Lebih lanjut, isu yang berkembang kemudian menuduh Abu Bakar Baasyir menolak taat kepada Pancasila dan setia NKRI.

“Dan ini tampaknya upaya untuk mengalihkan perhatian masyarakat supaya kesannya bisa berakibat kesalahpahaman kepada ustaz Abu Bakar Ba’asyir,” Rohim menandaskan.

sumber : merdeka.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.