FBR: Jokowi Lebih Betawi Daripada Orang Betawi

detikislami.com – Forum Betawi Rempug (FBR) se-Jabodetabek telah mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin dalam kontestasi Pilpres 2019. Pasalnya, Jokowi dinilai memiliki kepedulian yang tinggi terhadap budaya Betawi. Bahkan, FBR menilai Jokowi lebih Betawi dibandingkan orang Betawi.

“Siapa Jokowi?,” teriak Ketua Umum FBR Luthfi Hakim kepada ribuan peserta yang hadir di acara Deklarasi Dukungan FBR untuk #1 di Parkir Puri Mansion, Jakarta, Minggu (10/3).

“Kita!” balas peserta.

“Jokowi-Amin?”

“Amin!”

Jokowi disebutkan telah menunjukkan kepeduliannya terhadap budaya Betawi sejak pindah dari Solo untuk menjadi Gubernur Jakarta pada 2012 lalu.

Kepedulian itu di antaranya terlihat saat Jokowi menandatangani Pergub 2019/2012 yang menjadikan pakaian adat Betawi sebagai salah satu pakaian kerja di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Kemudian, Jokowi juga telah membangun kawasan wisata Setu babakan yang sudah tertunda lebih dari 10 tahun. Kemudian setelah jadi Presiden, Jokowi juga menunjukkan kebanggaan terhadap kebudayaan Betawi saat menjadi Presiden. Hal itu dibuktikan dengan Jokowi yang mengenakan pakaian adat Betawi saat menghadiri acara kenegaraan di tingkat nasional maupun internasional seperti acara Konferensi Asia Afrika 2017, dan pada saat menerima kunjungan Ratu dan Raja Swedia di Istana Bogor.

Dalam kegiatan deklarasi itu, Jokowi yang hadir pula di sana berharap FBR turut membantu memerangi hoaks. Menanggapi hal tersebut, Luthfi menyampaikan komitmen FBR untuk memerangi hoaks agar Pilpres 2019 berjalan dengan tertib. FBR juga berjanji untuk menyukseskan Pemilu dan Pilpres 2019 demi keutuhan NKRI?

Berdasarkan pengamatan dilapangan, ribuan anggota FBR tampak hadir dalam acara deklarasi yang disampaikan sekitar pukul 18.30 WIB, Minggu (10/3) itu. Sebagian besar mengenakan kaos berwarna putih merah bertuliskan ‘#01 Sudah Terbukti Gaspol’ dan ‘Gue 01’.

Kehadiran Jokowi disambut dengan spanduk selamat datang dan sorak sorai para pendukungnya. Begitu tiba, Jokowi langsung disuguhi tarian adat betawi. Jokowi berada di lokasi deklarasi FBR itu selama kurang dari satu jam sebelum bertolak ke Istora Senayan menghadiri Festival Satu Indonesia.

 

 

sumber : cnnindonesia.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.