Olahraga Kesukaan Jokowi dan Prabowo

detikislami.com – Ditengah sibuk kampanye menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2019, kedua Calon Presiden Jokowi dan Prabowo selalu menyempatkan waktu untuk melakukan olahraga kesukaan.

Keduanya memiliki kekhasan tersendiri terkait olahraga. Calon presiden 01 adalah jogging, sementara calon presiden 02 adalah olahraga menunggang kuda.

Berikut ini olahraga yang biasa dilakukan kedua calon presiden 2019:

Prabowo

1. Menunggangi kuda

Ketua umum Partai Gerindra sangat menggemari olahraga polo berkuda sejak muda. Akibat hobinya itu, Prabowo sampai punya 17 ekor kuda berjenis Lusiano yang didatangkan langsung dari Portugal.

2. Bersepeda

Selain terkenal gemar berolahraga kuda, rupanya Prabowo memiliki kegemaran mengayuh sepeda. Hal tersebut terlihat pada unggahannya di akun resmi Instagram @prabowo, saat Milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada April 2018 lalu, Prabowo terlihat bersama Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman mengendarai sepeda bersama dari DPP Gerindra di Ragunan ke kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang.

3. Berenang

Sebelum memulai olahraga polo kuda, ternyata Prabowo selalu memulai harinya dengan berenang di kolam renang pribadi miliknya. Untuk olahraga yang satu ini, Prabowo tidak pernah melewatkannya sebelum memulai aktivitas berkuda.

Jokowi

1. Jogging

Jogging adalah jalan cepat atau lari kecil untuk menyerap oksigen dan membuat fungsi Jantung bekerja lebih cepat dari biasanya. Jogging biasa dilakukan pagi hari atau sore menjelang mandi. Jogging akan membuka aura tubuh sehingga suasana alam sekitar merasuk ke dalam diri dan aman mempertajam perasaan.

Dokter spesialis kesehatan olahraga Michael Triangto mengatakan, “Olahraga bisa dilakukan di mana dan kapan saja, mau sibuk atau tidak. Blusukan juga bisa dipakai sebagai sarana berolahraga.”

Ia mencontohkan saat sedang blusukan ke pasar atau ke desa, Jokowi berjalan kaki saat sedang mengeksplorasi lokasi atau saat sedang berbicara dengan orang-orang di sekitarnya.

“Ngobrolnya sambil jalan, jadinya mengajak orang lain olahraga juga,” ujarnya.

2. Panah

Panahan adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Dalam vlog di akun YouTube, Jokowi menceritakan tentang kegemarannya pada olahraga panah.

“Perlu konsentrasi, perlu fokus, dan yang paling penting ada target sasaran, itu yang saya senang dari olahraga ini,” kata Jokowi.

Kaesang Pangarep putra bungsunya juga mengunggah vlog saat beraktivitas olahraga panah dengannya.

Dalam penutup vlog Kaesang mengatakan, “Dalam olahraga, kuat saja tidak cukup, dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang akan membantu mencapai tujuan.”

3. Tinju

Ketika mengunggah vlog bertema tinju di akun Facebook, Jokowi menuliskan.

“Setelah panahan, futsal dan jogging, saya mencoba latihan olah raga baru: tinju. Saya berlatih bersama Pak Abed. Benar-benar melelahkan, tapi juga menyegarkan.

Olahraga tinju ternyata tidak sekadar latihan bertarung. Di dalamnya ada pelajaran tentang kecepatan tubuh, gerak refleks, dan konsentrasi pikiran.

Satu yang pasti, olahraga tinju membutuhkan ketahanan fisik yang tinggi. Dan tubuh yang sehat dan bugar melahirkan pikiran yang jernih.”

4. Bersepeda

Melihat manfaat kesehatan dari bersepeda, dan bisa digunakan sebagai sarana transportasi bebas polusi, menjadi alasan Jokowi gemar bersepeda dalam kunjungan kerja ke berbagai daerah.

Dengan mengayuh sepeda, seluruh anggota badan bergerak dalam harmoni. Dua tungkai kaki mengayuh pedal seirama, mata memandang awas ke depan, tangan menggenggam kemudi seraya jari waspada menarik tuas rem.

5. Futsal

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki.

Sempat Jokowi bertanding futsal dengan para wartawan menyambut Hari Pers Nasional 2017. Pertandingan berlangsung di Jalan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/2/2017). Saat itu terlihat pria asal Solo itu menikmati olahraga dalam ruangan.

 

sumber : tagar.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.