Moeldoko: Jokowi Bicara Strategi dan Solusi, Bukan Retorika

detikislami.com – Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Moeldoko menyebut calon presiden petahana Joko Widodo selalu menyampaikan strategi untuk mengatasi persoalan bukan sekadar retorika saat debat capres putaran keempat.

“Yang ingin saya tegaskan bahwa dalam debat ini, titik beratnya adalah strategi bukan informasi persoalan,” kata Moeldoko dalam Konferensi Pers Debat Keempat Capres Pemilu 2019 di Hotel Shangri-La Jakarta, Sabtu malam setelah debat capres usai.

Moeldoko melihat betapa capres nomor urut 01 mengetengahkan strateginya dan bukan retorika.

Menurut dia, mengetahui masalah-masalah yang terjadi pada bangsa ini adalah baik tapi bagaimana kemudian solusi yang ditawarkan juga harus bisa disampaikan.

“Kita tahu masalah bagus tapi bagaimana solusi,” katanya.

Hal kedua yang menurut dia perlu ditekankan yakni bahwa mengelola negara ini juga memerlukan pengalaman.

“Mengelola negara ini perlu pengalaman, sangat perlu. Di sini kita bisa lihat betapa Jokowi bisa menyampaikan langkah-langkah dalam persoalan pemerintahan, membangun hubungan internasional dalam equilibrium (keseimbangan) yang baik, yang sangat tampak jelas,” katanya.

Sementara untuk masalah pertahanan, Jokowi diakuinya lebih banyak berbicara makro bukan teknis.

Semua orang tahu bangsa ini punya persoalan tapi bagaimana memetakan persoalan bangsa itu jauh lebih penting.

Moeldoko menilai seorang pemimpin tidak perlu berbicara terlampau teknikal tapi harus bisa melihat cakrawala yang lebih luas tentang bagaimana ketahanan harus dipertahankan.

“Jadi di sini ada sebuah hal yang beda bagaimana strategi itu. Karena semua orang tahu bangsa ini punya persoalan tapi bagaimana memetakan persoalan bangsa itu jauh lebih penting dalam debat ini,” katanya.

Sementara kubu capres nomor urut 02 diwakili oleh Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak bersama Direktur Materi Debat BPN Sudirman Said dan mantan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen (Pur) JS Suryo Prabowo.

Debat capres keempat mempertemukan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo akrab disapa Jokowi dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, mengusung tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.

Debat keempat berlangsung Sabtu malam (30/3) pukul 20.00 WIB di Hotel Shangri La Jakarta Pusat. Debat Capres merupakan rangkaian proses Pilpres 2019 diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum.

 

sumber : tagar.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.