Media Prancis Telusuri Fakta Soal Isu Erdogan Dukung Prabowo

Media asal Prancis, Agence France-Presse (AFP), menelusuri fakta soal isu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendukung Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di pemilihan presiden 2019. Isu itu menguak setelah beredar unggahan Facebook Erdogan sedang menunjukkan salam dua jari dengan telunjuk dan jempol terangkat, gestur khas pendukung Prabowo-Sandi di pilpres 2019.

AFP membuktikan foto yang tersebar di internet itu adalah editan alias tidak benar. “Tidak. Gambar ini tidak menunjukkan pemimpin Turki Erdogan menyatakan dukungan untuk capres oposisi Indonesia di pilpres,” seperti dilansir AFP Fact Check, Ahad, 7 April 2019.

Dalam foto yang beredar luas di media sosial tersebut, selain gambar Erdogan sedang tersenyum sambil menunjukkan salam dua jari, di sudut kanan foto ada logo Prabowo-Sandi dan di sudut kiri ada tanda tangan dan nama terang Erdogan.

“Gambar itu telah dibagikan ribuan kali di Facebook dengan tujuan untuk menunjukkan dukungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk capres Indonesia Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno,” tulis AFP.

Perbandingan foto Sandiaga Uno dan Erdogan.

Dari penelusuran AFP, terbukti bahwasanya dukungan Erdogan untuk Prabowo – Sandi adalah salah. Gambar Erdogan yang mengacungkan salam dua jari Prabowo-Sandi merupakan hasil editan dari foto asli Sandiaga Uno yang sedang duduk di sebuah pesawat.

Penelusuran AFP lewat pencarian Google reverse image dan pencarian lewat kata kunci tertentu telah menyingkap gambar palsu ini. Gambar ini diambil dari gambar asli yang diunggah anggota DPR dari Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya pada 2 Februari 2019 di akun instagramnya. Gambar aslinya adalah foto berwarna, menampilkan Sandiaga dan Harsya duduk bersebelahan dalam pesawat, dan keduanya mengacungkan salam dua jari dengan tangan kanan.

Foto asli Sandiaga Uno yang kemudian diedit menjadi wajah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dalam gambar editan yang dibagikan di Facebook itu, wajah Erdogan telah ditempelkan ke foto badan Sandiaga di foto aslinya. Kemudian, foto berwarna itu diubah menjadi hitam dan putih. Nampak gelang warna putih Sandiaga tak berubah meski wajah Sandiaga telah diganti dengan wajah Erdogan. Kaus yang dikenakan Sandiaga juga tetap sama, yakni bernomor 02 di pundak.

Pencarian di Google dengan kata kunci “Erdogan” menuntun pada gambar asli wajah Erdogan yang digunakan sebagai ‘bahan mentah’ gambar palsu itu. Gambar asli Erdogan berasal dari foto terbitan majalah Forbes, namun gambar itu telah dipotong, diputar, dan diedit dengan efek hitam-putih. Namun sedikit jambul Sandiaga masih bisa terlihat di balik kepala Erdogan yang ditempelkan di gambar palsu itu. Atas penelusuran tersebut, AFP menyimpulkan bahwa isu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendukung Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di pemilihan presiden 2019 lewat gambar tersebut adalah hoaks.

 

sumber : tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.