Ilham Saputra Dilaporkan ke DKPP, KPU Pastikan Tak Ganggu Kinerja

detikislami.com – Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) oleh Barisan Advokat Indonesia (BADI). DKPP diminta berhentikan Ilham Saputra dari Komisioner KPU karena mempunyai hubungan saudara kandung dengan salah satu anggota Tim Prabowo-Sandi, Yuga Aden.

Menanggapi laporan tersebut, Komisioner KPU Viryan mengatakan, KPU sudah mengetahui bahwa Ilham Saputra dilaporkan ke DKPP. KPU secara institusi, kata dia, menghormati laporan dari pihak BADI

Viryan memastikan laporan tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja KPU dalam menyelenggarakan tahapan pemilu yang sudah memasuki rekapitulasi penghitungan perolehan suara hasil Pemilu 2019.

“Jadi itu mekanisme yang baik-baik saja, silakan lapor, kami menghormati proses itu. Tetapi, itu enggak (ganggu kinerja KPU), kita terus bekerja,” ujar Viryan, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Viryan mengatakan, Ilham juga siap menghadapi sidang DKPP dan menjelaskan soal profesionalitasnya. Menurut dia, DKPP merupakan mekanisme etik untuk menguji kehormatan penyelengggara pemilu.

“Pernah Tahun 2014 Pak Hadar Nafis Gumay (komisioner KPU saat itu) diduga melakukan pertemuan dengan peserta pemilu yang padahal hanya papasan dan diajukan ke DKPP. Hasilnya adalah direhabilitasi dengan pujian. Jadi itu mekanisme yang baik-baik saja,” pungkas dia.

Sebelumnya, Barisan Advokat Indonesia (BADI) melaporkan komisioner KPU Ilham Saputra ke DKPP karena adanya hubungan saudara antara Ilham dengan salah satu anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Yuga Aden. Badi minta Ilham dinonaktifkan sementara untuk mencegah konflik kepentingan dan mencegah terjadi kecurangan.

“Kita telah melaporkan salah satu komisioner KPU bernama Ilham Saputra yang sudah diketahui dari media sosial merupakan salah satu adik kandung dari salah satu pengurus BPN yaitu Yuga Aden,” ujar Presidium BADI Nur Aris di Kantor Bawaslu RI, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (22/4).

Ilham dilaporkan terkait Pasal 8 huruf (k) dan Pasal 14 huruf (a) peraturan DKPP Nomor 2 tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu.

Sementara Ilham Saputra juga sudah menegaskan bahwa dirinya siap menghadapi sidang DKPP dan menjelaskan situasinya. Ilham menegaskan dirinya bekerja profesional dan kakaknya Yuga juga bekerja secara profesional.

“Saya siap menjelaskan ke DKPP. Saya profesional kok sebagai penyelenggara pemilu yang berintegritas, dan tidak berpihak kepada siapapun. Abang saya juga bekerja profesional,” tegas Ilham.

 

Sumber : beritasatu.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.