Kecam Buka Bersama Pakai Miras, Warganet Munculkan Ajakan Boikot Oppo

detikislami.com – Malang – Viralnya video kegiatan buka bersama (bukber) Oppo Malang yang menyajikan minuman keras jenis bir menuai kecaman warganet. Bahkan sebagian menggunakan tagar #boikotoppo sebagai bentuk protes. Oppo Indonesia menilai bahwa ajakan memboikot produk itu merupakan ekses atau dampak negatif atas kelalaian penyelenggara acara.

Ajakan boikot Oppo tersebut muncul di sejumlah media sosial. Misalnya di Instagram, video tersebut diunggah sejumlah akun dengan menyertakan tagar #boikotoppo. Di antaranya akun @indonesia__palestina yang mengunggah video yang menunjukkan sejumlah botol bir di meja tempat kegiatan Buka Bersama Oppo Malang. “Bulan suci Ramadan ini dinodai dengan minuman beralkohol…!!! #saveindonesia #boikotoppo #viral,” tulisnya.

Hingga Jumat (17/5/2019) malam, unggahan itu ditayangkan sekitar 1.136 kali dan menuai belasan komentar. “Itu untuk semua kalangan. Kemari di Malang ada acara bukber. Kepala toko dan perwakilan pegawai toko diundang, aku lihat story mereka emang ada bir di atas meja bahkan ada yang sudah dituang,” tulis akun @ririsoo_.

“Dari wajah orang-orang yang menempati meja itu sih, emang kayak wajah orang nonis. Dan juga beernya hanya ada di beberapa meja. Kalau yang berijab itu mungkin karena mereka ga ada tempat lagi. Jadi mau ga mau di situ. Be positive aja. Jangan mudah terpancing amarah,” tulis akun @nurjihandiyaa_. Komentar itu mendapat sejumlah balasan, misalnya dari @ulis46. “Tapi kan itu acara bukber, seharusnya menghargailah. Lihat tuh spanduknya bukber,” tulisnya.

Unggahan ajakan boikot juga dilakukan sejumlah akun. “#Boikotoppo muslim bangkitlan kalian, jangan biarkan dunia melenakan kalian,” tulis akun @imtiyaz_zahra_dzulaikha. “Manajemen Oppo buat masalah ni. Kok ada bir di acara buka puasa bersama. #oppo #boikotoppo,” tulis akun @bejo_piliang.

Tak hanya di Instagram, di Facebook pun muncul ajakan boikot tersebut. “Ini ‘BukBer’ atau ‘BukBeer’? Oppo ngadakan acara buka bersama dan setiap table ada beer-nya,” tulis akun Agus Susanto yang dibagikan oleh akun Jamaludin Nasir dengan disertai tagar #boikotoppo.

“Untung gw gak pake hp Oppo. Buka puasa pake beer trus dia pake bismillah lagi, astaghfirullah. Ini zaman apa ya sekarang malah berbalik yang puasa harus menghormati yang gak puasa. Kapan ya punya pemimpin yang berani tegaknya syariat Islam. #boikotoppo,” tulis akun Ahmad Syafi’ih.

Mengenai ajakan boikot produk Oppo yang muncul di media sosial, Public Relations Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengungkapkan bahwa hal tersebut secara otomatis menjadi ekses atau dampak negatif bagi Oppo Indonesia. “Sebenarnya sosmed ini agak sedikit jahat menurut saya. Kan tanpa mencari tahu, itu apa atau kenapa, tapi jatuhnya langsung menghakimi dan akhirnya berimbas ke produk Oppo,” ujarnya melalui sambungan telepon.

“Yang pasti kami akan jawab itu sebenarnya seperti apa, kira-kira permintaan maaf juga. Otomatis ada hukum sebab akibat yang diterima teman-teman Malang. Hujatan atau apa pun itu ekses kejadian ini. Intinya tidak bisa menanggapi itu sebelum semuanya clear,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah video yang menggambarkan kegiatan buka bersama (bukber) menjadi viral di media sosial. Acara tersebut tak lazim gara-gara menyajikan menu minuman keras jenis bir. Dalam video tersebut, pembawa acara sempat menyebut brand smartphone Oppo dan juga maskot Oppo di panggung acara.

 

Sumber : malangtimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.