Petir Sambar Salib di Polandia 5 Tewas 100 Lebih Terluka

detikislami.com – Giewont, Polandia – Sedikitnya empat orang tewas dan lebih dari 100 terluka dalam serangan petir yang terjadi ketika badai di Polandia, kata Perdana Menteri Mateusz Morawiecki.

Sambaran petir itu menimpa sejumlah pemanjat Giewont, sebuah puncak terkenal di kawasan pegunungan Tatra di bagian selatan Polandia.

Orang kelima tewas di negara tetangga Slovakia. Setidaknya satu dari korban konon anak-anak.

Badai dikabarkan terjadi tiba-tiba menyusul pagi hari yang cerah dan banyak sinar matahari.

“Tak seorang pun yang mengira badai yang datang tiba-tiba itu muncul dan menurut sudut pandang manusia itu adalah sesuatu yang tidak mungkin diperkirakan,” kata Mateusz Morawiecki dalam rapat darurat di daerah itu seperti dilansir BBC Kamis (22/8/2019).

Ada beberapa laporan perihal korban di sejumlah daerah di kawasan pegunungan itu. Sedikitnya empat helikopter penyelamat dikerahkan.

Hantaman petir besar itu terjadi hari Kamis di ketinggian 1.894 meter di Gunung Giewont, di mana berdiri sebuah salib logam raksasa.

Petir menyambar struktur salib setinggi 15 meter itu ketika banyak pendaki sedang memanjat puncak Giewont dan aliran listrik dari petir itu merambat lewat susuran tangga yang terbuat dari besi.

“Kami mendengar bahwa setelah petir menyambar, orang-orang berjatuhan,” kata Jan Kryzstof kepada kantor berita Polandia PAP, seraya menjelaskan bahwa banyak orang tersengat aliran listrik dari petir itu yang merambat sesaat setelah petir menyambar.

Walikota Zakopane Leszek Dorula dikabarkan menyatakan hari Jumat (23/8/2019) sebagai hari berduka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.