5 Cara Minta Maaf Pada Orangtua saat Lebaran

detiksilami.com – Lebaran atau Idul fitri menjadi momen bagi kamu untuk saling bermaaf-maafan, termasuk tentunya pada orangtua. Sebagai anak, kamu tentu tak luput dari dosa dan kesalahan. Coba pikirkan lagi, pernahkah kamu mengabaikan perkataan orangtua atau berbohong pada mereka?

Untuk menunjukkan ketulusanmu, kamu harus tahu cara meminta maaf yang baik pada orangtua saat Lebaran nanti. Berikut ini caranya.

Bicaralah dengan lembut

Perhatikan kesopanan saat meminta maaf pada ibu dan bapakmu. Ini untuk menunjukkan ketulusan kamu saat meminta maaf. Bicaralah dengan lembut dan pilih kata-kata yang bisa meluluhkan hati mereka. Pelankan suaramu dan jangan membentak atau terkesan buru-buru, pasti mereka mau membuka pintu maaf bagimu.

Cium tangan atau peluk orangtua

Selain berbicara dengan nada yang lemah lembut, kamu juga bisa menunjukkan penyesalan dengan mencium tangan orangtua atau memeluk mereka erat-erat. Dengan begitu, orangtua akan merasakan kasih sayangmu pada mereka.

Dengarkan ucapan orangtua

Salah satu kebahagiaan orangtua adalah ketika anaknya mau mendengarkan ucapan mereka. Jadi saat orangtua memberikan petuah atau pesan padamu, jangan dicueki, ya. Dengarkan dengan seksama dan resapi perkataan mereka, karena sesungguhnya orangtua hanya menginginkan yang terbaik bagi anaknya.

Jangan membantah

Saat orangtua berbicara padamu, jangan sekali-kali membantah mereka atau bahkan berdebat dengan mereka. Saat meminta maaf, fokuslah pada diri orangtua, bersabarlah, dan lepaskan egomu, ya. Kalau kamu membantah atau menyangkal mereka, itu hanya akan membuat sakit hati, lho.

Jangan ulangi kesalahan

Ketika orangtua sudah memaafkanmu, cara terbaik untuk menunjukkan penyesalan adalah dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Belajarlah memperbaiki diri di Hari Idul fitri ini. [San]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.