Akhirnya! Bupati Karanganyar Batalkan Rencana Salat Id di Alun-alun

detikislami.com – Bupati Karanganyar Juliyatmono, akhirnya membatalkan rencana pelaksanaan salat Idul Fitri di Alun-alun Karanganyar. Yuli, sapaan akrabnya, mengakui pembatalan ini didasari surat dari Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah yang diterimanya semalam.

Surat bernomor B/037/HM.02.01-14/V/2020 tersebut bertuliskan perihal Pencegahan tindakan Maladministrasi atas kebijakan kepala daerah dalam penanganan penyebaran COVID-19.

Inti surat tersebut meminta Bupati Karanganyar untuk melakukan evaluasi secara komprehensif atas rencana kebijakan melaksanakan salat Idul Fitri di Alun-alun Karanganyar dan lokasi lain di Kabupaten Karanganyar.

“Baru saja semalam ada surat dari Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah, langsung ditujukan kepada Bupati Karanganyar. Intinya meminta kami mengevaluasi kembali kebijakan tersebut,” ujar Yuli, ditemui wartawan di rumah dinasnya, Sabtu (23/5/2020).

Yuli menyebut kebijakannya mengizinkan pelaksanaan salat Id di luar rumah sudah memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka persiapan menghadapi era new normal. Namun sebagai instansi pemerintah, pihaknya mempertimbangkan permintaan Ombudsman tersebut.

“Oleh karena itu, salat Idul Fitri yang akan kita laksanakan di alun-alun, (diganti) menjadi pemerintah melaksanakan salat id di rumah masing-masing dengan keluarga inti,” tegasnya.

Lebih lanjut Yuli mengatakan, rencana pelaksanaan salat Id di alun-alun Karanganyar dipastikan batal. Pihaknya meminta seluruh pihak untuk memahami keputusannya dan berharap masyarakat menuruti anjuran pemerintah.

“Mohon bisa dipahami, bisa dimengerti semua pihak. Saya berharap semua bisa melaksanakan dengan baik dan di rumah juga tetap khusyuk, bersyukur dengan keluarga masing-masing,” imbuhya. [San]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.