Amalan-amalan Al-Quran yang Menjamin Keberuntungan dalam Hidup

detikislami.com – AL-QURAN adalah pedoman hidup seorang Muslim. Banyak amalan-amalan Al-Quran yang menjamin keberuntangan ketenangan seorang Muslim dalam menjalani kehidupannya.

Setiap orang pasti ingin jika di hidupnya selalu mengalami keberuntungan. Sederhana saja, tujuannya adalah supaya dengan keberuntungan itu dapat membantu lebih mudah dalam menjalankan setiap masalah di dalam kehidupan.

Didalam Al-Quran sendiri, terdapat beberapa anjuran untuk meraih keberuntungan hidup, dikutip dari halaman akurat berikut Amalan-amalan Al-Quran yang Menjamin Keberuntungan dalam Hidup:

Amalan-amalan Al-Quran yang Menjamin Keberuntungan dalam Hidup: Melaksanakan Amal Makruf Nahi Munkar

Tentu dengan mengikuti Al-Quran dan sunah Rasulullah. Dalam hal ini, sebagaimana firman Allah dalam QS. Ali Imran ayat 104, yakni:

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Amalan-amalan Al-Quran yang Menjamin Keberuntungan dalam Hidup: melakukan salat dan zakat

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS. Lukman ayat 4-5 yakni:

الَّذِيۡنَ يُقِيۡمُوۡنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤۡتُوۡنَ الزَّكٰوةَ وَهُمۡ بِالۡاٰخِرَةِ هُمۡ يُوۡقِنُوۡنَؕ اُولٰٓٮِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنۡ رَّبِّهِمۡ‌ وَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُفۡلِحُوۡنَ

“Yaitu orang-orang yang melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan mereka meyakini adanya akhirat. Merekalah orang-orang yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung”.

Amalan-amalan Al-Quran yang Menjamin Keberuntungan dalam Hidup: menjauhi segala hal yang berkaitan dengan riba

Sebagaimana firman Allah dalam QS. Ali Imran ayat 3, yakni:

نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَاَنْزَلَ التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَۙ

“Dia menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil,”

Amalan-amalan Al-Quran yang Menjamin Keberuntungan dalam Hidup: berjihad di jalan Allah

Dalam hal ini, jihad yang dimaksud adalah melawan hawa nafsu diri kita, bahkan menahan dari segala godaan setan, baik menolak segala bentuk syubhat maupun syahwat sebagai ajakan dari setan itu. Selain itu, belajar juga disebut jihad bahkan bekerja pun untuk menghidupi anak-istri itu juga disebut jihad. Jadi, jihad di sini bukan makna perang, akan tetapi melawan hawa nafsu diri kita sendiri. Dan itu disebut sebagai jihad akbar (besar).

Firman Allah dalam QS. At- Taubah ayat 88, yakni:

لٰكِنِ الرَّسُوْلُ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗ جَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْۗ وَاُولٰۤىِٕكَ لَهُمُ الْخَيْرٰتُ ۖوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

“Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersama dia, (mereka) berjihad dengan harta dan jiwa. Mereka itu memperoleh kebaikan. Mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Amalan-amalan Al-Quran yang Menjamin Keberuntungan dalam Hidup: sami’na wa atha’na

Maksudnya adalah mendengarkan segala perintah Allah dan juga mentaati segala perintah serta larangan-Nya. Sebagaimana firman Allah dalam QS. An-Nur ayat 51, yakni:

اِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِيْنَ اِذَا دُعُوْٓا اِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ اَنْ يَّقُوْلُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَاۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

“Hanya ucapan orang-orang mukmin, yang apabila mereka diajak kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul memutuskan (perkara) di antara mereka, mereka berkata, “Kami mendengar, dan kami taat.” Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Itulah dia Amalan-amalan dalam Al-Quran yang menjamin hadirnya keberuntungan dalam hidup kita. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang beruntung yang mampu menjalankan amalan-amalan tersebut. [Mas]

 

sumber : islami.co

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.