Bagaimana Cara Sholat Berjamaah Dalam Pandemi Korona?

detikislami.com –¬†Sebagai antisipasi penyebaran virus covid 19 atau virus Corona, pemerintah mengimbau¬†phisical distancing. Salah satu contoh penerapannya adalah menjaga jarak satu sama lain setidaknya 1-2 meter, membatasi aktivitas di luar rumah, serta menghindari kerumunan termasuk kegiatan keagamaan dan melaksanakan ibadah.

Namun demikian masih ada sebagian masyarakat yang datang ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah, lalu bagaimana ketentuannya?

Ustad Adi Hidayat menyampaikan tata cara sholat berjamaah sebagaimana dilihat dalam video yang diunggah ke akun instagram @kajianustadzadihidayat, dalam rekaman itu beliau menyampaikan bila suatu wilayah aman dari wabah corona, maka mereka dapat melaksanakan sholat berjamaah sebagaimana biasanya.

Namun jika di wilayah tersebut sudah ada yang terpapar virus Corona, maka sebaiknya tidak usah pergi sholat ke masjid. Beliau juga menegaskan bahwa sholat berjamaah di rumah dalam kondisi pandemi virus Corona, pahala sama dengan sholat berjamaah dimasjid dalam kondisi normal.

Selain itu ustadz Adi Hidayat juga menekankan pentingnya mengatur shaf dalam sholat berjamaah. Sholat yang kita tunaikan itu ada syarat dan ketentuannya. Jadi dalam menyusun shaf harus lurus dan harus rapi ujarnya dalam postingan tersebut.

Ditempat lain Ustadz Dr. Muhammad Ridho, SE, MM, Pengasuh Pondok Tahfidz Insan Qur’ani Sukoharjo ketika ditanya terkait fenomena shaf sholat berjamaah ditengah-tengah pandemi Corona dengan memberi jarak antar jamaah menjelaskan bahwa dikalangan ulama berselisih pendapat terkait hal ini. Sebagian mengatakan boleh dikarenakan ada wabah dan untuk menghindari kemadharatan, namun sebagian mengatakan itu terhitung sebagai shalat sendiri-sendiri karena shaf tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Beliau lanjut mengatakan bahwa beliau lebih condong kepada pendapat yang lebih baik jika keadaan masih mengkhawatirkan dan masuk zona merah, maka lebih baik melaksakan sholat di rumah. [al]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.