Beginilah Cara Nabi Muhammad SAW Mendidik Anak, Yang Patut Ditiru Orang Tua

detikislami.com – Anak adalah karunia dari Allah Ta’ala. Sebagai orang tua sudah seharusnya menjaga anak dengan sebaik mungkin. Memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya, serta memberikan pendidikan untuk bekal masa depannya, agar anak bisa menjadi pribadi yang cerdas dan berakhlakul karimah. Seperti dikutip dari dalam islam, telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, bagaimana mendidik anak yang baik.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dikenal penyayang dan penyabar. Tidak suka membentak anak. Namun juga tegas dalam urusan agama.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, Rasulullah Shallallau ‘Alaihi Wasallam berasabda: “Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.”  (HR.Tirmidzi).

Berikut ini beberapa cara Rasulullah mendidik anak perempuan dan laki-laki yang wajib kita contoh.

1. Tidak Mengekang Bermain

Dalam mendidik anak, Rasulullah tidak selalu mengekang, malah suka melihat anak bermain. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:  “Pada suatu hari aku melayani Rasulullah. Setelah tugasku selesai, aku berkata dalam hati, ‘Rasulullah pasti sedang istirahat siang.’ Akhirnya, aku keluar ke tempat anak-anak bermain. Aku menyaksikan mereka sedang bermain. Tidak lama kemudian, Rasulullah datang seraya mengucapkan salam kepada anak-anak yang sedang bermain. Beliau lalu memanggil dan menyuruhku untuk suatu keperluan. Aku pun segera pergi untuk menunaikannya, sedangkan beliau duduk dibawah sebuah pohon hingga aku kembali.” (HR. Ahmad).

2. Mengajarkan Ilmu Tauhid

Ilmu tauhid adalah ilmu tentang ketuhanan. Ilmu ini sangat penting untuk diajarkan kepada anak semenjak dini. Sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah mengajarkan anak-anaknya untuk mengucapkan Lailaha Illaallah  yang arti tidak ada Tuhan selain Allah. Dan Allah itu Maha Esa.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.