Ceramah Di Masjid UII, UAS: Ada Neraka Untuk Yang Tidak Gunakan Akal

detikislami.com – Penceramah Ustaz Abdul Somad menekankan, menggunakan akal merupakan satu kewajiban manusia. Apalagi, akal itu yang menjadikan manusia berbeda dengan mahluk-mahluk ciptaan Allah SWT lain di dunia.

Hal itu disampaikan saat jadi pembicara dalam seminar di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia(UII). Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat senantiasa menggunakan akal dalam menjalani kehidupan.

“Ada namanya neraka sa’ir, bukan syair puisi ya, ini sa’ir, neraka khusus orang-orang yang tidak mau memakai akal,” kata UAS dalam Seminar Moderasi Islam: Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan, Sabtu (12/10/2019).

Baca Juga : UAS Hadir di UII, Reputasi Kampus sebagai Majelis Ilmu Terobati

Ia menekankan, penggunaan akal itulah yang menjadi latar belakang munculnya ilmu-ilmu di dunia. Astronomi, misal, muncul ketika akal digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu langit dan isinya.

UAS menilai, lahirnya ilmu-ilmu menjadi bukti begitu besar manfaat ketika akal-akal manusia itu ketika digunakan. Karenanya, tidak cuma terhindar dari api neraka, akal bermanfaat bagi manusia selama hidup.

Tapi, lanjut UAS, ada golongan orang-orang yang terhindari dari apir neraka sa’ir tersebut. Mulai anak-anak yang belum akhir baligh, orang yang mati dalam keadaan tidur dan orang gila.”Jadi, neraka bukan cuma buat mereka yang tidak shalat, mudah-mudahan kita tidak transit ke neraka tersebut,” ujarnya. [al]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.