Dahsyatnya Kekuatan Doa Orangtua untuk Anak-anaknya

detikislami.com – Saat tahu tengah berbadan dua sebagai seorang muslimah ucapan syukur pada Allah SWT pasti langsung terucap. Doa-doa pun terus dipanjatkan agar janin berkembang dengan sehat serta menjadi anak yang saleh atau saleha.

Para ayah pun selalu ingin membacakan ayat-ayat suci Alquran atau mendendangkan salawat pada anaknya yang masih dalam kandungan. Doa memang tak bisa lepas dari lisan orangtua untuk anak-anaknya bahkan saat janin belum ditiupkan nyawanya.

Doa tulus orangtua untuk anak-anaknya termasuk doa yang paling mustajab. Dikutip dari Rumaysho.com, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 Abu Hurairah

“ Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orangtua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud no. 1536. Syaikh Al Albani katakan bahwa hadits ini hasan).

Lalu dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 Anas bin Malik

“ Tidak doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir.” (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 1797).

Untuk itu hendaklah orangtua mendoakan anaknya senantiasa dalam perlindungan Allah SWT, dilingkupi kebaikan serta menjadi anak-anak yang saleh dan saleha. Orangtua juga sangat dianjurkan mencontoh para nabi dan orang saleh yang selalu mendoakan kebaikan pada anak keturunannya.

Lihatlah contoh Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam saat beliau berdoa untuk keturunannya:

“ Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40) [al]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.