Hidup Tak Sesuai Realita? Jangan Sedih! Ini Jawaban Penenang dari Alquran

detikislami.com – Dalam hidup kita sering sekali sedih karena sesuatu yang diharapkan tak sesuai dengan realita. Selain itu kita juga sering mengeluh karena mungkin merasa banyak cobaan dan tekanan hidup.

Padahal, Allah SWT tidak menyukai hamba-hambanya yang bersedih hati dan suka mengeluh. Dalam sebuah ayat di Alquran Allah SWT berfirman,

Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.”(QS : At-Taubah:40)

Allah SWT hanya membolehkan hambanya bersedih jika takut kepada-Nya dan apabila mengingat dosa. Bersedih dilarang karena tidak menerima takdir.

“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS : Ar Ra’d:28)

Di sisi lain, Rasulullah SAW, mencontohkan bagaimana cara menghilangkan kesedihan, yaitu dengan meminta pertolongan Allah SWT dengan cara berdoa.

“Ya Allah, aku memohon perlindungan denganMu daripada keluh kesah dan kesedihan, rasa lemah dan kemalasan, Aku memohon perlindungan denganMu daripada sifat penakut dan kebakhilan, dan aku mohon perlindungan denganMu dari bebanan hutang dan dikuasai seseorang (HR. Abu Daud)

Ketika hati merasa sedih, maka ucapkanlah kalimat dzikir agar hati menjadi tenteram. Seperti tiga kalimat berikut ini. ”Istighfar, memohon ampun kepada Allah, La haula wala quwwata illa billah (Tiada daya upaya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah), Hasbunallaah wa ni’mal wakiil (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baiknya Pelindung)”.

 

sumber : okezone.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.