Inilah Keutamaan Dari 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan

detikislami.com – Marhaban Ya Ramadhan, tak terasa bulan Ramadhan, tamu yang mulia yang ditunggu-tunggu oleh seluruh muslim dipenjuru dunia telah datang. Tahukah anda bahwa di 10 hari pertamanya Allah akan memberikan Rahmat serta limpahan pahala yang diberikan dari amalan-amalan ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan.

Sebab sebagaimana diketahui, bahwa 10 hari pertama ini adalah fase pertama yang paling berat dan mungkin juga tersulit. Bisa dibilang terberat dan tersulit karena memang di 10 hari awal ini adalah masa peralihan atau adaptasi dari perilaku dan kebiasaan harian yang memang tidak seperti keadaan normal hari-hari biasa, seperti makan dan minum serta aktivitas harian yang bisa dilakukan kapan saja dan dimanapun menjadi harus berpuasa, apalagi tahun ini bulan Ramadhan dalam suasana merebaknya virus covid 19 atau virus Corona sehingga aktivitas-aktivitas yang biasa juga dilakukan di setiap bulan Ramadhan juga terbatasi. Kondisi tubuh tentu perlu beradaptasi terlebih dahulu. Menjaga kondisi tubuh tetap vit dengan tidak makan dan minum dari adzan shubuh hingga adzan maghrib.

Tidak hanya tubuh saja yang harus memulai dengan masa peralihan ini, di masa 10 hari awal bulan Ramadhan ini pikiran kita juga tengah beradaptasi atau peralihan dengan penuh kesabaran dan ke ikhlasan hati untuk dapat menunaikan puasa.

Untuk itulah di 10 hari awal bulan Ramadhan Allah SWT memberikan keistimewaan dengan membukakan pintu rahmat yang sebesar-besarNya bagi hambaNya yang sudah sabar dan ikhlas guna menunaikan ibadah puasa dengan penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Maka dari itulah di 10 hari awal bulan Ramadhan ini kita jangan berdiam diri tanpa melakukan kegiatan apapun, melainkan pergunakanlah dengan menyibukkan diri  untuk beraktivitas mencari pahala dan RahmatNya yang sebanyak-banyaknya.

Banyak cara bisa kita lakukan untuk mengisi waktu dibulan Ramadhan, apalagi dengan kondisi yang saat ini seakan memaksa kita melakukan segala aktivitas hanya di dalam rumah, kita bisa memperbanyak membaca al-Qur’an dengan membuat target khatam al-Qur’an tersendiri, melaksanakan sholat-sholat sunnah yang mungkin jarang atau bahkan belum pernah kita laksanakan, atau memperbanyak amalan-amalan sedekah dengan membantu berdonasi untuk meringankan saudara atau keluarga atau orang lain yang mungkin sedang butuh bantuan terlebih dengan kondisi wabah corona yang memaksa banyak orang menutup lapak usahanya.

Dan dengan RahmatNya, Allah telah menghadirkan sebuah malam yang sangat-sangat istimewa di bulan Ramadhan yang tidak terdapat di bulan-bulan lainnya, yaitu malam Lailatul Qodar. [al]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.