Keajaiban Wudhu Yang Dapat Mencegah Tertular Virus Corona

detikislami.com – Jakarta – Hingga Selasa (28/1/2020), dikabarkan sudah sedikitnya 106 orang tewas akibat virus corona dan lebih dari 4 ribu orang terinfeksi virus ganas tersebut.

Korban terbanyak menurut berbagai sumber terdapat di Wuhan, Propinsi Hubei, China, yang merupakan tempat asal munculnya virus mematikan tersebut.

Kini, virus corona sudah menyebar ke berbagai belahan negara di dunia, termasuk ke sejumlah negara Asia Tenggara.

Para ahli kesehatan mengingatkan, salah satu cara mencegah tertular virus corona adalah dengan sering membasuh atau mencuci tangan. Bagi umat Islam yang taat menjalankan perintah agamanya, khususnya ketaatan menunaikan shalat fardhu, maka sedikitnya sudah mencuci tangan lima kali dalam sehari semalam, yakni pada saat shalat fardhu.

Dikutip dari republika.co.id, Wakil Direktur Medik dan Keperawatan RS Islam Banjarmasin, dr H Meldy Muzada Elfa, SpPD, mengatakan, Aktivitas mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satu tujuannya adalah menghindari kontak kuman atau infeksi dari tangan ke dalam tubuh manusia

Berwudhu merupakan salah satu kewajiban setiap muslim ketika akan melaksanakan shalat dan dianjurkan untuk selalu menjaga wudhu di setiap saat.

menurut Meldy, memang belum didapatkan penelitian apakah mencuci tangan dengan sabun sesuai standart WHO mempunyai efektivitas yang sama dalam pencegahan penularan penyakit dibandingkan dengan seseorang yang rutin berwudhu. Namun secara logika, ketika seseorang rutin berwudhu untuk shalat lima waktu, ditambah dengan shalat sunnah seperti shalat Dhuha dan Tahajud, maka dalam satu hari sudah mencuci tangan dan anggota tubuh yang lainnya sebanyak tujuh kali, bahkan bisa lebih.

“Menurut pandangan saya tentu ini akan berpengaruh terhadap kebersihan diri, apalagi saat berwudhu dianjurkan untuk kumur kumur dan membersihkan rongga hidung. Sebagaimana kita ketahui bersama, selain tangan, penularan bakteri atau virus melalui udara tentu akan melewati saluran nafas dan sangat mungkin bakteri atau virus ini banyak terdapat di lubang hidung dan mulut,” kata Meldy melalui pesansingkatnya kepada republika.co.id,

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.