Keluarga Muslim dan Kehidupan Sosial

detikislami.com – Keluarga adalah fondasi bagi masyarakat Islam. Kedamaian dan keamanan yang dimiliki oleh sebuah unit keluarga sangatlah berharga dan sangat penting bagi pertumbuhan spiritual anggotanya. Sebuah tatanan sosial yang harmonis diciptakan oleh keberadaan keluarga besar; anak-anak begitu dicintai dalam keluarga sehingga jarang sekali mereka tinggal terpisah dari keluarga sampai saat mereka menikah.
 
Orang tua sangat dihormati dalam tradisi Islam. Merawat orang tua yang berusia lanjut dianggap suatu kehormatan dan penuh berkah. Ibu sangat dihormati: Al-Qur’an mengajarkan bahwa ibu telah menahan beban berat selama kehamilan, melahirkan dan membesarkan anak dengan penuh kegembiraan, sehingga mereka layak mendapatkan perhatian khusus dan kebaikan dari kita. 
 
Hal itu dinyatakan dalam Al-Qur’an:
Artinya : ” Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Berrsyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu”. (QS.Luqman:14) 
Pernikahan sangatlah dianjurkan dalam Islam. Pernikahan muslim adalah amalan yang sakral dan sebuah perjanjian besar yang mengikat, di mana keduanya menjadi bebas (halal) satu sama lain dalam batasan syar’i. Sebaliknya, perceraian, meskipun jarang, dibolehkan dalam Islam, tetapi sebagai pilihan terakhir. Adat pernikahan bervariasi antar negara satu dengan negara lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.