Kisah Toleransi Kristen Koptik Dan Muslim DI Mesir Ketika Ramadhan DI Tengah Pandemi Covid-19

detikislami.com – Kehidupan antara umat Islam dan Kristen Koptik di Mesir pada bulan Ramadhan tersaji dengan unik. Salah satunya adalah seorang kristen koptik yang selalu menyediakan makanan bagi umat Islam di wilayah Shobra, Kairo. Tidak hanya itu saja, umat Kristen Koptik di bulan Ramadhan juga menymbangkan sebagian hartanya untuk warga yang membutuhkan.

Shobra adalah sebuah wilayah di ibukota Mesir dengan 590.000 penduduk beragama Kristen. Di wilayah ini ketika bulan Ramadhan semangat toleransinya sangat terasa. Kaum muslim dan kristen saling membantu dan memberi semangat.

“Saya tidak makan di depan orang yang berpuasa. Bahkan kami biasa menyiapkan buka puasa dan dibagikan dijalanan. Banyak yang bergabung di bulan Ramadhan kali ini. Tapi karena ada pandemi corona kami harus hati-hati,” Ujar Yasmin Tedros seperti dikutib laman arabnews.

Ditambahkan oleh Tedros, kebiasaan berbagi pada bulan Ramadhan itu dilakukan bersama teman muslimnya lebih dari 20 tahun. Tidak hanya menyediakan hidangan buka puasa saja, seorang pemilik toko di Shobra Street bahkan menawarkan barang dagangannya dengan separuh harga.

“Saya biasa menyumbangkan beras dan pasta untuk jamuan di jalanan, namun di tengan pandemi covid-19 ini saya memutuskan untuk menyumbangkan makanan kepada warga Shobra yang lebih miskin,” Ujar Magdy Azis pemilik toko.

Menurutnya apa yang dilakukan adalah cara sederhana untuk menyebarkan kebaikan,“Apa yang saya lakukan berasal dari hati dan itu adalah cinta kasih Tuhan,” Ujar Magdy yang kadang menjual barang dagangannya setengah harga di bulan Ramadhan.

Lain halnya yang dilakukan Gerges Hanna. Ia yang berprofesi sebagai akuntan ini mengatakan, dirinya berusaha sebanyak mungkin untuk bertukar shift ke rekan kerjanya yang muslim yang tidak bisa bekerja dengan kapasitas yanng penuh.

“Saya di bulan Ramadhan bahkan sering ikut membagikan kurma kepada orang yang lewat saat berbuka puasa,” katanya. [Al]

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.