Mari Sambut Ramadhan Dengan Bergembira

detikislami.com – Salah satu tanda keimanan seorang muslim adalah berbahagia menyambut datangnya bulan Ramadhan. Datangnya bulan Ramadhan seakan akan diibaratkan seperti menunggu datangnya tamu agung yang sangat mulia yang sangat dinantikan, maka ia mempersiapkan segalanya dengan serba istimewa dan bahagia sekali menyambut kedatangannya.

Hendaknya seorang muslim merasa khawatir jika di dalam hatinya tidak ada rasa bahagia menyambut datangnya bulan Ramadhan. Ia merasa biasa-biasa saja seakan tidak ada yang istimewa dengan segera datangnya bulan mulia ini. Bisa jadi ia terluput dari kebaikan yang sangat banyak. Karena ini adalah salah satu karunia Allah dan seorang muslim sudah seharusnyalah berbahagia.

Allah berfirman :

ﻗُﻞْ ﺑِﻔَﻀْﻞِ ﺍﻟﻠّﻪِ ﻭَﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻪِ ﻓَﺒِﺬَﻟِﻚَ ﻓَﻠْﻴَﻔْﺮَﺣُﻮﺍْ ﻫُﻮَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِّﻤَّﺎ ﻳَﺠْﻤَﻌُﻮﻥَ

“Katakanlah : Dengan karunia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira, Karunia Allah dan rahmatNya adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”. (QS. Yunus : 58)

Kita bisa belajar dari bagaimana sikap dari para ulama dan orang-orang shaleh sangat merindukan dan berbahagia jika Ramadhan tiba. Ibnu Rajab al Hambali berkata :

ﻗَﺎﻝَ ﺑَﻌْﺾُ ﺍﻟﺴَّﻠَﻒُ : ﻛَﺎﻧُﻮْﺍ ﻳَﺪْﻋُﻮْﻥَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﺃَﻥْ ﻳُﺒَﻠِّﻐَﻬُﻢْ ﺷَﻬْﺮَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ، ﺛُﻢَّ ﻳَﺪْﻋُﻮْﻧَﺎﻟﻠﻪَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﺃَﻥْ ﻳَﺘَﻘَﺒَّﻠَﻪُ ﻣِﻨْﻬُﻢْ

“Sebagian salaf berkata : Dahulu mereka (para salaf) berdoa kepada Allah selama enam bulan agar mereka dipertemukan kembali dengan  bulan Ramadhan. Kemudian mereka juga berdoa kepada Allah selama enam bulan agar Allah menerima (amal-amal shalih di bulan Ramadhan lalu) mereka.

Mengapa Harus Berbahagia Menyambut Ramadhan?

Kita berbahagia dikarenakan Allah telah menjanjikan banyak kemuliaan dan kebaikan serta keberkahan di dalam bulan Ramadhan. Sehingga beribadah menjadi lebih nikmat dan bisa lebih khusyuk ketika bermunajat kepada Allah.

Kabar gembira mengenai datangnya Ramadhan sebagaimana hadits Nabi SAW :

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (Neraka) ditutup. Syaitan-syaitan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikan, maka sungguh ia terhalangi.”

Bagaimana hati anda saat ini? Ramadhan sebentar lagi datang, mari kita sambut dengan kebahagiaan dan sambutan yang terbaik. [al]

 

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.