Menhub Budi Karya : Mudik Dan Pulang Kampung Sama Saja

detikislami.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan definisi mudik dan pulang kampung tidak perlu dijadikan permasalahan karena maknanya sama. Hal itu menjawab pertanyaan beberapa anggota Komisi V DPR yang mempertanyakan kejelasan definisi mudik dan pulang kampung.

“Mudik dan pulang kampung ini sama saja, Pak Presiden juga berulang kali bilang dalam sidang kabinet, jangan mudik, jangan pulang kampung,” kata Budi dalam rapat kerja virtual bersama Menhub dan Menteri PUPR, Rabu (6/5)

Dirinya menilai tidak perlu ada dikotomi dan interpretasi berbeda soal mudik dan pulang kampung ini. “Jangan membuat itu dikotomi, itu sama saja, tidak berbeda. Jangan menginterpretasikan satu bahasa dengan bahasa lain sehingga mengartikan orang itu bisa pulang,” imbuhnya.

Sebelumnya, salah satu anggota DPR menyampaikan definisinya soal mudik dan pulang kampung. Pulang kampung memang kondisi di mana masyarakat kesulitan di kota besar dan pulang ke rumah karena tidak memiliki kegiatan di perantauan, sedangkan mudik adalah bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke sanak saudara.

“Kalau definisi saya, pulang kampung itu orang yang kesulitan di kota besar, lalu pulang ke rumah karena tidak tahu harus apa di kota. Kalau mudik ya memang karena ingin ketemu sama sanak saudara,” ujar Nurhayati Monoarfa, anggota Komisi V DPR Fraksi PPP.

Mudik dan Pulang Kampung Menurut Jokowi

Sebelumnya, pada tayangan Mata Najwa yang disiarkan Trans 7 Rabu (22/3) kemarin, kebijakan ‘Larangan Mudik’ sempat diperbincangkan oleh Najwa dan Jokowi.

Najwa juga menunjukkan data dari Kemenhub kepada Jokowi mengenai jumlah masyarakat yang sudah mudik mencapai 1 juta orang di tengah wabah virus corona ini.

“Hampir satu juta orang mudik, sudah 900 ribu orang mudik dan sudah tersebar ke berbagai daerah. Apakah keputusan itu baru akan dikeluarkan melihat situasi tapi faktanya sudah ada penyebaran orang di daerah,” ucap Najwa.

Menjawab data dari Kemenhub dan ucapan Najwa, Jokowi menjelaskan bahwa hal yang dilakukan masyarakat sebelumnya itu adalah pulang kampung bukan mudik.

“Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Mereka bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan lagi, pulang karena anak istrinya ada di kampung,” jawab Jokowi.

Setelah itu, Najwa bertanya mengenai perbedaan mudik dan pulang kampung. Menurut Jokowi, jika masyarakat mudik itu dilakukan saat hari lebaran saja.

“Mudik itu di hari lebarannya, beda. Kalau pulang kampung kan kerja di Jakarta anak istrinya di kampung,” jelas Jokowi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.