MUI: Umat Muslim Sudah Wajib Sholat Jumat di Wilayah Terkendali Covid-19

detikislami.com – Pemerintah melalui Juru Bicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebut bahwa penambahan pasien positif baru tidak menunjukkan gambaran signifikan. Pihaknya kata Yuri, tidak menemukan adanya perluasan wilayah yang terdampak Covid-19.

Bisa disimpulkan bahwa sejumlah daerah sudah mulai terkendali, sehingga bisa melakukan relaksasi atau pelonggaran aktivitas sosial dengan catatan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Kalau daerahnya sudah terkendali, artinya tak ada lagi udzur syar’i yang menggugurkan kewajiban Jumatan. Jika kondisi faktualnya seperti itu (kasus Covid-19 terkendali) maka umat Islam yang tinggal di kawasan itu wajib menunaikan sholat Jumat,” ucap Asrorun.

Meski demikian kata dia, pemerintah wajib menjamin pelaksanaannya sholat Jumat tersebut. Adapun terkait pelaksanaannya, MUI tetap berpedoman pada Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020. Di mana umat Islam yang tinggal di wilayah dengan kasus Covid-19 terkendali, wajib menggelar sholat Jumat dan boleh menyelenggarakan aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak, misalnya sholat lima waktu berjamaah.

Juga aktivitas ibadah lainnya seperti pengajian umum atau majelis taklim dengan tetap melindungi diri agar tidak tertular virus Covid-19,” imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya mengimbau kepada umat Islam untuk senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Bagi yang hendak ke masjid, agar membawa sajadah sendiri serta mematuhi protokol kesehatan dalam menjalani kehidupan new normal.

“Harus disiplin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS, tetap jaga jarak saat sholat berjamaah, serta langsung pulang setelah beribadah dan hindari berkerumun,” tuntasnya. [San]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.