Pentingnya Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini, Ini Yang Bisa Orang Tua Lakukan

detikislami.com – Keluarga adalah pintu gerbang yang pertama menjadi tempat pembelajaran tentang segala hal terkait dengan kehidupan, termasuk pembelajaran tentang berpuasa. Melakukan stimulasi sejak dini sangat penting dilakukan oleh orang tua untuk menjadi bekal tumbuh si anak dengan karakter yang positif dalam hal agama.

Nah, Ramadhan sebentar lagi akan datang dan ini adalah waktu yang tepat untuk melatih kesabaran dan akhlak si kecil sejak dini.

Tinggal di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragam Islam tentunya sangat mendukung dari banyak hal terutama lingkungan masyarakatnya, namun tetaplah semua harus dimulai dari lingkungan keluarga terutama pembelajaran dari orang tua sebagai guru pertama anak dalam kehidupannya. Lalu bagaimana mengajarkan anak untuk terbiasa dengan puasa? Apa manfaatnya untuk kesehatan dan kecerdasan bagi si anak di masa depan?

Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini

Satu hal yang perlu difahami terlebih dahulu yang mengajarkan dan melatih anak berpuasa di bulan Ramadhan tidak sama dengan mewajibkan anak untuk berpuasa. Bahkan Nabi Muhammad SAW telah bersabda “Tidak ada kewajiban syar’i bagi anak anak yang belum baligh”.

Selain itu, dalam melatih anak berpuasa, orang tua harus mempertimbangkan kondisi dan kemampuan mereka. Telah jelas bahwa dalam Islam tidak diperbolehkan adanya unsur paksaan dalam mendidik anak. Alih alih memaksa, berikanlah anak motivasi untuk melatih berpuasa dengan sabar.

Memotivasi anak untuk berpuasa bersama teman sepantaran juga bisa dilakukan sehingga anak tidak merasa sendiri dan apa yang dilakukannya (puasa) ada temannya juga yang berpuasa. [al]

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.