Pentingnya Seekor Nyamuk, Sampai Disebut dalam Alquran

detikislami.com – Selama ini nyamuk sering dianggap sebagai serangga yang mengganggu. Sebab nyamuk kerap mengginggit dan menghisap darah manusia dan menimbulkan rasa gatal.

Nyamuk suka mengisap darah

Allah SWT menjadikan nyamuk sebagai perumpamaan, seperti yang telah dikatakan Allah SWT dalam Alquran surat Al Hujurat ayat 26 :

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا ۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلَّا الْفَاسِقِينَ

“Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?”. Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.”

“Seandainya dunia ini di sisi Allah senilai harganya dengan sayap nyamuk niscaya Allah tidak akan memberi minum barang seteguk sekalipun kepada orang kafir.” (HR. Tirmidzi)

Dikutip dari buku Pintar Sains dalam Alquran, Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah karya Dr Nadiah Thayyarah pada halaman 598-600, dua dalil tersebut (Alquran dan hadist) menunjukkan betapa pentingnya seekor nyamuk sehingga dijadikan sebagai suatu perumpamaan.

Sains modern mengungkapkan banyak hal tentang nyamuk yang hampir-hampir tidak bisa dipercaya oleh nalar manusia.

Nyamuk mempunyai 100 mata, 48 gigi, dan 3 jantung. Sebuah jantung sebagai pusat, sedangkan 2 jantung yang lain mengatur kedua sayapnya.

Nyamuk memiliki radar untuk mendeteksi suatu objek dengan cara merasakan suhu yang dipancarkan oleh objek tersebut. Nyamuk juga mempunyai organ yang dapat mengencerkan darah sehingga darah yang disedotnya mengalir dengan mudah melalui sungutnya.

Nyamuk dapat menularkan penyakit berbahaya seperti malaria, DBD, dan kaki gajah. Manusia sering meremehkan nyamuk karena bentuk tubuhnya yang kecil.

Alquran pun mencela manusia atas sikap yang demikian seraya menunjukkan akan bahayanya dan menjadikannya sebagai perumpamaan untuk memberikan tantangan kepada manusia. Hal itu dilakukan Alquran sebelum bentuk tubuh nyamuk diketahui manusia melalui mikroskop.

Perumpamaan ini menggambarkan bahwa orang-orang kafir tidak mampu menandingi Alquran walau orang yang sangat pintar sekalipun. Sebelum ilmu pengetahuan maju dan berkembang, Allah sudah menulis segalanya dalam Alquran.

 

sumber : okezone.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.