Peristiwa-Peristiwa Bersejarah Yang Terjadi Di Bulan Ramadhan

detikislami.com – Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti oleh jutaan umat Islam di seluruh dunia. Karena di bulan inilah bilangan pahala dilipat gandakan. Ada banyak sejarah yang terjadi di bulan Ramadhan yang bagi umat Islam harus ketahui:

Pertama, adalah peristiwa nuzulul Qur’an (turunnya al-Qur’an). Hal ini dijelaskan dalam al-Qur’an surat al-Baqoroh ayat 185 sehingga mendapat sebutan syahrul Qur’an. Pendapat yang masyhur menjelaskan bahwa al-Qur’an turun pada 17 Ramadhan dengan ayat yang pertama turun adalah QS. al-‘Alaq : 1-5.

Kedua, adalah peristiwa lailatul qodar, malam disalah satu malam di bulan Ramadhan yang Allah menggambarkan dalam al-Quran surat al-Qodar 1-5 adalah kemuliaannya lebih baik daripada amalan kebaikan dalam seribu bulan.

Ketiga, Perang Badar, Perang anatar kamu muslim dengan kaum kafir Qurays yang terjadi pada 17 Ramadhan. Peperangan yang dimenangkan oleh umat Islam dengan 300 pasukan umat Islam melawan 1000 pasukan kafir Qurays.

Keempat, Meninggalnya putri Rasulullah SAW sayyidah Fatimah az-Zahra. Wafatnya perempuan mulia nan agung yang dikenal dengan sebutan ummu abiha. Sayyaidah Fatimah az-Zahra meninggal di usia 28 tahun pada tanggal 3 Ramadhan 11 H.

Kelima, Meninggalnya putri Rasulullah SAW, sayyidah Ruqoyyah. Ruqoyyah meninggal bertepatan dengan saat berlangsungnya perang Badar. Inilah yang menyebabkan Sayyidina Utsman bin Affan ra meminta ijin kepada Rasulullah SAW tidak mengikuti perang Badar untuk merawat istrinya dan diijinkan oleh Rasulullah SAW. Sayyidah Ruqoyyah meninggal tepat setelah Zaid bin Haritsah mengabarkan kemenangan umat Islam dalam perang Badar.

KeenamWafatnya ummul mukminin Sayyidah Khadijah Kubro. Sayyidah Khadijah Kubro Ra meninggal pada 10 Ramadhan tahun ke 10 kenabian atau 3 tahun sebelum hijrah ke Madinah 619 M.

Ketujuh, Wafatnya ummul mukminin Sayyidah Aisyah Ra, tepatnya pada 17 Ramadhan 58 H atau Juni 678 M. Sayyidah Aisyah meninggal di usia 67 tahun. malam 17 Ramadhan selepas shalat witir.

Kedelapan, Wafatnya Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra. Beliau dibunuh oleh Ibnu Muljam yang bersekongkol dengan 2 orang temannya al-Burak bin Abdillah dan Amru bin Abi Bakr at-Thamimi. Mereka membunuh Sayyidina Ali bin Abi Thalib pada 17 Ramadhan 40 H.

Kesembilan, Kemerdekaan Republik Indonesia. Bagi umat Islam Indonesia, bulan Ramadhan bukan sekedar bulan yang mulia, namun bulan kemerdekaan bangsa dari penjajah. pada tanggal 17 Agustus 1945 atau bertepatan pada tanggal 9 Ramadhan 1364 H. [San]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.