Prodi S1 Sastra Arab UNS Raih Akreditasi A

detikislami.com – Program Studi (Prodi) S1 Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil mendapatkan predikat akreditasi A terhitung sejak 30 September 2020 sampai dengan 30 September 2025 sesuai dengan keputusan BAN-PT nomor 6114/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020.

Kepala Prodi (Kaprodi) Sastra Arab FIB UNS, Eva Farhah mengatakan, peringkat akreditasi A diraih setelah Prodi Sastra Arab menjalani serangkaian tahapan akreditasi hingga akhirnya menjalani Asesmen Lapangan (AL) yang dilakukan secara daring pada 21-22 September 2020. Asesmen Lapangan secara daring dilakukan oleh dua asesor yakni Yayan Nurbayan dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Sugeng Sugiyono yang berasal dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Berdasarkan SK Izin Operasional dengan nomor 172/D.2/2010 tertanggal 12 Juli 2010 dan SK Pendirian Program Studi nomor 14/D/O/2011 tertanggal 12 Januari 2011, Prodi Sastra Arab resmi didirikan dan mulai melaksanakan proses belajar mengajar. Para mahasiswa angkatan 2010 merupakan angkatan pertama yang memiliki pengaruh dan self ability yang besar bagi keberlanjutan kegiatan akademik dan non -akademik di Prodi tersebut.

Dalam rentang waktu 2010-2020, Prodi Sastra Arab telah melakukan planning, organizing, staffing, leading, conttroling dan evaluating dalam mencapai tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang sesuai dengan arah rencana strategis perguruan tinggi. Salah satu tahap evaluasi diri Prodi tertuangkan dalam suatu kegiatan Akreditasi dan Re-Akreditasi Prodi yang diajukan kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Besarnya rasa tanggung jawab ini memupuk para stakeholder, alumni, masyarakat umum, orang tua mahasiswa, mahasiswa, dosen, pihak-pihak terkait, serta pejabat pemangku kebijakan untuk berkolaborasi dalam segala bentuk kegiatan Prodi, hingga akhirnya berhasil meraih predikat A pada tahun ini,” terang Eva, seperti tertulis dalam siaran pers, Sabtu (3/10).

Eva Farhah menambahkan, keberhasilan meraih predikat A tersebut tidak lepas dari andil besar jajaran petinggi universitas, jajaran dekanat, jajaran petinggi LPPMP, dan pihak lainnya. Karena itu, Eva mewakili sivitas akademika Sastra Arab mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan semua pihak.

“Peraihan akreditasi A ini merupakan langkah awal bagi Prodi Sastra Arab untuk terus melangkah dan berkarya menuju taraf interasional sebagaimana yang telah kami angankan dan janjikan dalam visi Prodi, serta untuk mewujudkan UNS Go International dan mendunia,” pungkas Eva. [Mas]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.