Ramadhan Ini Beribadah Di Rumah Saja, Begini Caranya!

detikislami.com – Bulan Ramadhan telah datang, namun karena wabah corona yang menintai dengan sangat terpaksa memaksa seluruh umat Islam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan kali ini berada di rumah. Berikut tips seru beribadah selama Ramadhan di rumah tanpa suntuk atau bosan sehingga kita masih tetap bisa menikmati keberkahan bulan Ramadhan ini :

  1. Mewajibkan tadarus bersama setelah shalat subuh di rumah;Karena tidak bisa pergi ke masjid untuk shalat berjamaah, maka cukup berjamaah di rumah saja bersama keluarga tidak akan mengurangi nilai dari pahala ibadahnya, tapi meskipun tidak bisa berjamaah ke masjid bukan berarti harus melupakan kegiatan ibadah yang bisanya dilakukan dimasjid, semisal kegiatan tadarus bersama. Kamu bisa mewajibkan seluruh anggota keluarga untuk melaksanakan tadarus bersama setelah shalat subuh. Apalagi di bulan Ramadhan ini, kegiatan tadarus bersama selepas shalat subuh bisa lebih mendekatkan antar keluarga.
  2. Buka puasa bersamanya via video call saja; Acara yang paling ditunggu selama bulan Ramadhan salah satunya adalah kegiatan buka bersama. Biasanya kegiatan buka bersama dilaksanakan di masjid bersama keluarga dan jamaah masjid yang lain, atau buka bersama bersama keluarga besar. Dengan kondisi sekarang ini memaksakita juga melaksanakan buka bersama hanya di rumah, namun bisa juga dengan kita melakukan video call dengan keluarga atau teman-teman supaya suasana lebih meriah dan setidaknya bisa melepas kangen juga.
  3. Tidak bisa ikut kajian ke masjid, lewat streaming saja dari youtube; Sekarang ikut kajian atau melihat pengajian bisa dilakukan dengan cara online, kita bisa cari di youtube pengajian-pengajian dari para ustadz. Sehingga meskipun kita berada di rumah namun tetap saja bisa mengikuti kajian atau pengajian dengan tenang di rumah.
  4. Semakin produktif dengan mencari hobi lain atau pekerjaan lain untuk sampingan; Godaan itu bisa dari mana-mana, baik itu ketika berada di rumah ataupun ketika kita berada di kantor. Puasa dari adzan shubuh hingga adzan maghrib memang tidak sebentar sehingga kita memang harus benar-benar kuat menahan nafsu, bukan hanya menahan lapar dan haus saja. Kita bisa mencari alternatif kegiatan lain untuk membuat kesibukan sehingga sedikit banyak bisa melupakan lapar dan haus. Kita bisa mencoba usaha secara online atau bahkan menjadi freelancer.
  5. Tadarusan bersama teman-teman secara online saja; Sama seperti buka bersama secara online, kamu bisa mengadakan tadarus al-Qur’an secara online. Saat ini banyak secara aplikasi yanng mendukung untuk melakukan komunikasi secara online. Bisa melakukan dengan cara Video Conference/Video Call saat ini sangat mudah sekali dilakukan dan tinggal pilih aplikasi yang diinginkan. [Mas]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.