Sedekah Dapat Meredam Wabah Dan Bencana

detikislami.com – Sedekah adalah salah satu ibadah yang dianjurkan bagi siapapun. Bersedekah bukan harus dengan materi melainkan bersedekah bisa dilakukan dengan apapun yang bisa kita sedekahkan, misalnya tenaga, harta, atau ilmu.

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari sedekah. Sedekah dapat memperkuat iman kita, memperpanjang umur, mencegah bala atau keburukan yang datang kepada kita. Sedekah juga dapat memadamkan murka Allah

عن أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ وَتَدْفَعُ مِيتَةَ السُّوءِ

“Dari Anas bin Malik ra berkata : bersabda Rasulullah SAW : Sesungguhnya sedekah benar-benar memadamkan kemurkaan Rabb dan mencegah kematian su’ul khatimah (HR. at-Tirmidzi [664] [dan ia menghasankannya])”.

Ketika terjadi bencana gempa bumi, khalifah Umar bin Abdul Aziz memerintahkan rakyatnya untuk berkumpul dan melaksanakan shalat serta jika mereka memiliki sesuatu yang bisa disedekahkan untuk menyedekahkannya serta berdoa seperti doa Nabi Adam AS. (Badzl al Ma’un, hal. 331)

Sedekah bukan harus dilakukan oleh orang kaya atau menunggu kaya baru bersedekah. Sedekah bisa dilakukan oleh kapanpun dan dalam kondisi apapun, baik dia kaya maupun miskin.

Bagi yang memliki rejeki berlebih bisa bersedekah dengan hartanya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Apalagi dikondisi pandemi corona seperti saat ini. Banyak masyarakat yang di PHK dari pekerjaannya, mungkin ada yang tidak diberi pesangon, mau pulang kampung tidak bisa, dirantaupun tidak memiliki apa apa. Bekerja ataupun buka daganganpun tidak seperti hari-hari biasanya diluar pandemi covid 19.

Disinilah diharapkan masyarakat yang memeiliki rejeki berlebih diharapkan terketuk hati dan bisa membantu masyarakat minimal lingkungan disekitanya dengan bersedakah harta.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki hartapun juga bisa bersedekah, jangan sampai justru memiliki jiwa meminta. Tenaga dan ilmu yang kita miliki bisa kita sedekahkan jika harta tidak kita miliki.

Insya Allah dengan memperbanyak sedekah akan terhindarkan dari bala’ dan wabah yang menyebar. [San]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.