Sholat Jumat Perdana, Ikatan Khatib DMI Bagikan Alat Pengukur Suhu Tubuh

detikislami.com – Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (IK-DMI) membagikan alat pengukur suhu tubuh ke masjid-masjid di wilayah Depok dan sekitarnya. Upaya ini dilakukan karena sejumlah daerah yang telah dinyatakan aman dari wabah Covid-19, tengah bersiap melaksanakan sholat Jumat besok.

“Ini bagian dari upaya IK-DMI menyiapkan masjid melakukan protokol cegah tangkal Covid-19 secara benar. Alat pengukur suhu tubuh salah satu yang coba kita bagikan, karena kebanyakan masjid tidak bisa menyediakan, pernah sangat langka dan faktor harganya relatif mahal,” kata Ketua Umum IK-DMI, KH. Hamdan Rasyid dalam siaran pers yang diterima detikislami.com, Kamis (4/6/2020).

Lebih lanjut Kiai Hamdan mengatakan, pembagian alat pengukur suhu tubuh tersebut merupakan kebutuhan penting, karena masjid sangat memerlukan untuk pengecekan suhu setiap jamaah yang akan melaksanakan sholat Jumat besok. Peralatan protokol kesehatan yang diperlukan seperti hand sanitizer, cairan disinfektan, masker dan lainnya.

Hingga saat ini tersedia sekitar seratusan untuk didistribusi sesuai pengajuan para DKM/takmir masjid, yakni ke wilayah yang terdata seperti Jakarta, Banten dan Jawa Barat dimana pendistrusian tersebut akan dilakuka secara bertahap.

“Ada juga daerah lainnya. Kami akan terus mengajak kepada pemerintah maupun kaum dermawan untuk ikut berpartisipasi mengingat lebih dari 350 ribu masjid membutuhkannya,” terang dia.

Program ini bekerja sama dengan Komite Relawan Masyarakat Tangguh Bencana (MTB), dan Yayasan Silih Asah Asih Asuh untuk membantu masjid melalui gerakan donasi terbuka. Donasi dapat diikuti oleh siapapun yang peduli dengan masjid, salah satu institusi sosial yang langsung terdampak pandemi Covid-19.

Sementara, Direktur Program DMI Pusat, Ustadz Munawar Fuad Noeh menuturkan bahwa kemitraan dengan IKDMI penting karena lembaga tersebut concern terhadap pembinaan khatib dan masjid.

“Kami berharap khatib bisa terlibat aktif dalam mengedukasi masyarakat menerapkan kegiatan keagamaan melalui masjid, terutama di masa pandemi,” katanya.

Sebelumnya Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) membuat edaran yang berisi tata cara pembukaan masjid untuk jamaah baik sholat lima waktu, maupun sholat Jumat. Kemudian PP DMI berharap pembukaan masjid di masa new normal benar-benar diikuti penerapan protokol kesehatan Covid-19 dari DKM/takmir masjid.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.