Sistem Bobrok Bank Syariah Mandiri, Dibobol Lebih 1 M Dalam Setahun

detikislami.com – Bank Syariah Mandiri (BSM) kembali dibobol oleh oknum karyawannya. Kali ini terjadi di BSM KCP Karanganyar Palur yang dibobol oleh oknum karyawannya sendiri.

Pelaku berinisial EA, warga Kp. Karasan, Kenaiban, Juwiring, Klaten tersebut merupakan karyawan Bank Syariah Mandiri yang menjabat sebagai Branch Operations & Service Manager (BOSM) di KCP BSM Karanganyar Palur.

Pelaku membobol sistem pengisian dana kas ATM seorang diri. Sebagai BOSM, terdakwa memiliki akses memegang atau menguasai kartu otorisator mesin ATM, kunci Brankas ATM, dan kode kombinasi brankas, serta proses pengisian kas ATM yang dilakukan sendirian.

Modus operasi terdakwa adalah mengurangi atau mengambil uang kas yang sedianya akan dimasukkan ke dalam mesin ATM yang dilakukannya mulai bulan Juni 2018 hingga September 2019 dengan total mencapai Rp 1.055.700.000,-

Perkara yang sedang disidangkan di Pengadilan Negeri Karanganyar ini sedikit banyak menyita perhatian umat Islam.

Awod, SH, selaku penasihat hukum terdakwa yang dihubungi langsung di Pengadilan Negeri Karanganyar menyampaikan bahwa sangat menyayangkan terjadinya peristiwa ini yang lebih dikarenakan sistem administrasi bank yang kurang baik.

“Saya mengkhawatirkan jika sistem seperti ini tidak dibenahi maka berpotensi menyebabkan kejahatan dengan modus yang serupa di bank yang lain, masih untung ini bukan uang nasabah yang dibobol, tapi uang kas bank,” terang Awod SH.

Motif yang dilakukan terdakwa adalah penggelapan ini dilakukan untuk usaha bisnisnya dan keperluan konsumtifnya. [Mas]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.