Sukmo : Jokowi Unggul Atas Prabowo Di Debat Capres Ke 2

detikislami.com – Jakarta – Debat Capres antara Jokowi dan Prabowo sesi 2 telah usai dan meninggalkan sorak sorai dari para pendukung dengan klaim kemenangan mereka masing masing.

Secara umum penguasaan materi dari Jokowi mampu menempatkannya sedikit diatas Prabowo yang terlalu lama dengan retorika tanpa dilengkapi data yang lebih lengkap.

Hal ini pulalah yang ternyata mampu dilihat oleh Sukmo Harsono, selaku Ketua Pemenangan Presiden Dpp PBB

“Debat telah usai, hampir semua tidak ada yang meragukan bahwa Pak Jokowi tampil meyakinkan dan unggul jauh di semua sesi dari pak Prabowo, dan disetiap sesi Pak Prabowo mengakui semua keberhasilan pak Jokowi dengan memuji langsung walaupun tim sukses pak prabowo kini sibuk membela”, ungkap Harsono.

“Saya menilai Pak Jokowi dalam dua kali penampilan debat, malam tadi adalah malam kemenangan yang gemilang, dan kini usai debat di televisi para pendukung pak Prabowo sibuk melakukan Remedial di media sosial, mereka langusung memindahkan ruang debat ke medsos melakukan pembelaan, tapi rakyat sudah paham, bahwa kualitas kerja pak Jokowi telah diakui Pak Prabowo, jadi pembelaan para pendukung mati matian di medsos tidak akan membalikkan hasil yg ada apalagi tuduhan menggunakan ear phone makin panik saja, selamat buat pak Jokowi”, lanjutnya.

Di satu sisi, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Prngetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati juga menyoroti performa debat Prabowo yang tak mengesankan itu.

“Beretorika kalau didasari dengan argumen yang aktual itu sah saja, namun saya lihat kemaren narasi Prabowo hanya diukur pada retorika pengandaian pengandaian tertentu yang itu bisa benar dan tidak, dan itu bisa menjadi blunder,” kata Wasis.

Wasis lantas mencontohkan serangan Prabowo ke Jokowi yang berkaitan dengan program pembagian sertifikat gratisbyang hanya retorik dan minim data. (al)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.