Tak Cukup 11 Hari, Israel Bakal Tingkatkan Serangan ke Palestina hingga Tiga Kali Lipat

detikislami.com – Israel menegaskan serangan terhadap Hamas dan milisi jihadis di Palestina belum akan berakhir dalam waktu dekat. Bahkan, Tel Aviv berencana meningkatkan gempuran jika dibutuhkan.

Armada tempur Israel telah membombardir lokasi yang diyakini sebagai fasilitas milik Hamas di Palestina dalam 11 hari terakhir. Serangan tersebut sebagai respons kiriman balon berisi peledak dari Gaza ke dalam wilayah Israel.

Balon-balon tersebut dilaporkan terbang sampai jauh ke dalam Tel Aviv serta menimbulkan sejumlah kebakaran dan kerusakan fasilitas publik. Sampai akhir pekan kemarin, otoritas Israel melaporkan lebih dari 100 kebakaran terjadi akibat serangan yang diyakini dilakukan oleh Hamas.

Juru Bicara Perdana Menteri Israel, Ofir Gendelman, dalam pernyataannya kepada media-media Arab menyampaikan sikap tegas pemerintah terkait provokasi. Israel memperingatkan Hamas dan milisi jihad yang didukung Iran agar berhenti melakukan aksi-aksi provokasi, jika tidak militer Israel akan meningkatkan gempuran.

“Kami mempertimbangkan setiap serangan karena balon-balon berpeledak yang diluncurkan dari Gaza sebagai sebuah misil. Kami menghantam Hamas sepanjang hari sejak 11 malam terakhir, dan kami akan melakukan lebih banyak lagi jika diperlukan,” kata Ofir dikutip dari Al-Arabiya pada Kamis (20/8/2020).

“Hamas dan jihadis harus memahami bahwa apa yang terjadi pada mereka malam kemarin akan jadi dua hingga tiga kali lipat sekarang, termasuk yang ditarget,” lanjutnya.

Kematian pemimpin gerakan jihad Palestina, Bahaa Abu el-Atta dan istrinya saat sedang tidur di rumahnya di timur Gaza memicu pertempuran besar dalam sebulan terakhir antara militer Israel dengan milisi jihadis dukungan Iran yang diklaim sebagai kelompok garis keras lebih berbahaya dari Hamas.

Sejauh ini, serangan militer Israel yang mengerahkan pesawat tempur, helikopter dan tank ke wilayah Gaza di Palestina mengklaim berhasil menghancurkan sejumlah fasilitas vital Hamas mulai dari pangkalan militer, gudang senjata, pos pantau hingga bunker persembunyian. [San]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.