Tak Tegas Soal Uighur, FPI : Indonesia Terlalu Banyak Utang dengan Cina

detikislami.com – Jakarta – Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI), KH Ahmad Shobri Lubis menyebut Pemerintah Indonesia bersikap lunak terhadap Cina dalam kasus Uighur lantaran banyak utang.

“Indonesia ini terlalu banyak utang sama Cina, Ribuan triliun. Jadi membuat presiden kita ini tidak bisa leluasa, merasa tidak lagi merdeka,” ujar Shobri ditemui di Jatinegara, Jakarta Timur, Jum’at (20/12/2019).

Karenanya, ia pun menyarankan pemerintahan Jokowi yang kedua ini untuk tidak lagi menambah utang ke Cina, karena jika semakin banyak utang, maka Indonesia akan semakin terbelenggu.

Selain itu, untuk langkah konkrit membela Uighur, Shobri menyarankan segenap umat Islam dan rakyat Indonesia untuk memboikot produk-produk Cina.

Baca Juga : Di bawah Guyuran Hujan, Masyarakat Solo Gelar Aksi Bela Uighur

“Seharusnya umat Islam di Indonesia sadar, rakyat Indonesia juga sadar, kita mulai dulu boikot produk Cina. Walaupun itu susah, tapi usahakan,” ujarnya.

Pemerintah pun diminta mendukung pemboikotan ini dengan cara mendorong bangkitnya produk lokal.

“Kalau seperti ini modelnya, produk lokal ga ada atau susah didapat oleh masyarakat. Semuanya produk Cina beredar di tengah-tengah masyarakat, ini pemerintah kerjanya apa,” tegasnya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.