Thengkleng Rica Rica Pak Manto Yang Mantab dan Joss

detikislami.com – Solo – Menurut sejarahnya, Tengkleng berasal dari Solo. Kuliner berbahan dasar tulang kambing ini rasanya lezat dan gurih karena dimasak lama dengan kuah yang menggugah selera. Bahkan Presiden Jokowi pun menyukai olahan kambing ini. Salah satu kedai tengkleng yang mantap di Solo adalah Tengkleng Rica-rica Pak Manto.

Seperti namanya, di kedai ini Anda tidak akan menemui tengkleng dengan kuah supnya melainkan tengkleng yang dimasak dengan bumbu rica-rica berwarna merah kehitaman dari kecap. Tak lupa santan, cabai dan merica yang juga dicampurkan untuk menambah rasa khas dari tengkleng rica ini yang pedas.

Sensasi menyantap tengkleng rica-rica Pak Manto sangat unik karena saat menghisap sumsum tulang, pengunjung juga bisa merasakan gurih, manis, dan pedasnya bumbu rica-rica. Bahkan saat mencicipi kuliner ini banyak pengunjung yang bercucuran keringat karena bumbu rica-rica yang pedas.

Kedai Tengkleng ini sudah berdiri sejak 25 tahun lalu. Penikmatnya selalu banyak dari dulu hingga sekarang karena rasanya yang mantap.

Uniknya, untuk menjaga rasa tengkleng rica di sini sang penjual tetap menggunakan cara memasak seperti zaman dulu yakni menggunakan arang. Luar biasa ya!

Selain tengkleng rica yang rasa bumbunya mantap, di sini pengunjung juga bisa memesan menu lain yang tak kalah lezat, yakni sate kambing, sate buntel, tongseng, dan gulai kambing. Meskipun bukan menu unggulan, menu-menu itu juga tak kalah mantap.

Sate kambingnya empuk meskipun irisan dagingnya besar, begitu pula dengan sate buntel yang rasanya maknyus.

Kedai tengkleng legendaris ini ada di Jalan Honggowongso. Buka mulai pukul 06.30 hingga pukul 19.00.  Anda bisa ke sana dari Jl. Slamet Riyadi ambil jalan mengarah ke Sami Luwes atau Pasar Kembang. Warungnya hanya berjarak beberapa meter dari supermarket Sami Luwes, di pojok pertigaan.

Anda juga bisa mencicipi kuliner satu ini di Semarang, karena sudah ada cabangnya di sana yakni di daerah Pleburan Semarang.

Soal harga, Sate Buntel hanya Rp 45.000, sedangkan Tengkleng Rica Rp50.000 dan Tongseng Rp40.000. Menu-menu itu porsinya besar, sehingga bisa dimakan untuk berdua.

 

sumber : phinemo.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.