Uwais Al Qarni Pemuda Yang Terkenal Dilangit

detikislami.com – Uwais Al Qarni adalah pemuda biasa yang diriwayatkan Rasulullah sebagi seseorang yang doanya makbul, bahkan Rasulullah berpesan pada kedua sahabatnya Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib untuk menemukan Uwais dan meminta doa dari uwais.

Rasulullah berpesan kepada Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib “Kelak di zaman kalian nanti akan datang seseorang yang doa nya teramat makbul. Pergilah kalian mencari pemuda itu, dia akan datang dari arah Yaman dan dibesarkan di Yaman. Ia memiliki tanda bulatan putih ditengkuknya, jika kalian menemukannya, minta lah kepadanya untuk berdoa bagi kalian”

Mengapa Uwais begitu istimewa?, padahal ia hanya seorang pemuda biasa bahkan uwais memiliki penyakit lepra sehingga seluruh tubuhnya penuh dengan luka dan koreng. Uwais adalah pemuda shaleh yang sangat sayang dan berbakti pada ibunya. Ia merawat dan berusaha selalu memenuhi permintaan ibundanya.

Ibunda Uwais mempunyai satu permintaan yang membuat uwais berfikir keras, ibunda uwais meminta untuk diberangkat haji pada musim haji berikutnya, sementara ia sangat miskin dan perjalanan yang jauh memerlukan bekal yang tidak sedikit dan kendaraan yang baik. Uwais berfikir dan sampailah ia pada idenya.

Dengan uang tabungannya yang sedikit Uwais pergi kepasar dan membeli anaksapi, namun ia tidak memelihara anak sapinya dirumahnya melainkan ia membuatkan kandang diatas gunung. setiap pagi hari Uwais akan datang dan menggendong anak sapi tersebut menuruni gunung untuk mencari rumput dan ketika petang ia akan menggendong binatang ternaknya itu untuk kembali ke kandangnya diatas gunung. Ia melalukan hal tersebut setiap hari

Uwais tidak perduli sedikit pun ketika orang orang menatap sambil mencemoohnya, ia tetap melakukan hal tersebut setiap hari, sampai anak sapi tersebut menjadi besar bahkan melebihi berat badannya sendiri dan seiring latihannya itu pun Uwais menjadi semakin kuat dan baik staminanya.

Ketika musim haji telah datang, Uwais dan ibundanya pun bersiap dengan membawa bekal seadanya, Uwais menggendong sang ibu dipunggungnya untuk bersiap melalui perjalanan menuju Mekkah. di sepanjang desanya orang orang yang pernah mencemoohnya menjadi bangga dan terharu melihat pemuda yang berbakti seperti Uwais.

Uwais melalui perjalanannya dengan ringan dan sukacita, bahkan ketika sampai di baitullah Uwais tetap menggendong ibunya melakukan sai dan tawaf. Melihat kegigihan anaknya ibunda Uwais menangis terharu.

Ketulusan Uwais Al Qarni berbuah karunia dari Allah SWT.  Seketika Allah SWT menyembuhkan Penyakit lepranya dan membuat kulit uwais menjadi mulus hanya tersisa sebuat bulatan kecil ditengkuknya sebagai penanda untuk Sahabat Rasulullah, Ali dan Umar.

Uwais seorang yang sangat biasa dibumi namun dikenal oleh penghuni langit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.